Inilah Sejarah Asal Usul Mustika Merah Delima

asal usul mustika delima

Batu delima menjadi salah satu batu akik yang terkenal akan keterkaitannya dengan dunia mistis. Selain rupanya berwarna merah cantik, batu ini juga dipercaya memiliki khasiat dan sejarah asal yang kemudian menjadi penambah nilai jualnya.
Penasaran dari mana batu bertuah ini berasal? Berikut akan dijelaskan tentang sejarah asal usul mustika merah delima yang banyak beredar di kalang masyarakat.

Asal Usul Mustika Merah Delima

Tidak ada yang tahu pasti dari mana batu merah delima ini berasal. Terdapat perbedaan pendapat tentang asal-usulnya dari para ahli.

1. RM. WAP. Diponegoro

Beliau menjelaskan bahwa batu akik berwarna merah ini sebetulnya berasal dari fosil biji buah delima. Hal ini beliau yakini karena adanya penemuan biji buah delima yang telah membatu berumur ratusan tahun. Setelah diolah, barulah fosil biji buah tersebut menjadi batu merah delima.

Namun, tidak semua batu yang berasal dari fosil ini akan memiliki kekuatan supranatural. Beliau berkata bahwa kekuatan spiritual pada suatu batu bergantung kepada seberapa tua umur batuan tersebut.

Mustika merah delima sendiri sangat sulit ditemukan karena keberadaannya yang cukup langka. Hanya tokoh-tokoh terkemuka pada zaman kerajaan Hindu Budha di tanah Jawa yang diyakini memiliki batu merah delima asli.
Beberapa di antaranya adalah Patih Gajah Mada dan Joko Tingkir. Raja Airlangga juga diketahui sangat menyukai jenis batu ini.

2. Ki Sabrang Alam

Ki Sabrang Alam memiliki pendapat yang berbeda tentang batu mustika ini. Beliau berpendapat bahwa batu ini sudah ada sejak zaman nabi, tepatnya pada masa Nabi Sulaiman a.s.

Menurut ceritanya, Allah telah mengaruniai batu merah tersebut kepada Nabi Sulaiman. Batu itu kemudian diberikan Nabi kepada Ratu Bilqis. Namun, batu tersebut justru hilang tidak tahu di mana keberadaannya.

Setelah menghilangnya batu itu, banyak orang yang mulai mencarinya. Mereka percaya bahwa batu tersebut dapat membuat pemakainya terlihat lebih berwibawa.

3. Kepercayaan Penduduk Myanmar

Myanmar menjadi salah satu Negara yang juga mengakui keberadaan batu akik ini. Masyarakatnya juga memiliki cerita yang berbeda.

Mereka mempercayai bahwa batu merah delima berasal dari sebuah bukit yang terletak di daerah pertambangan bernama Mogok. Sebongkah batu pernah ditemukan di bukit tersebut pada abad ke-6 Masehi.

Batu itu memiliki berat mencapai 32 kilogram. Masyarakat mempercayainya sebagai batu merah delima, karena warnanya yang semerah buah delima.

Penambangan di bukit tersebut masih berlangsung hingga hari ini. Masih banyak serpihan-serpihan batu merah tersebut yang masih sering ditemukan.

Namun, banyak yang masih meragukan keaslian batu bertuah ini sehingga banyak yang menyebutnya sebagai batu aspal (batu delima asli, tetapi palsu).

Legenda Mustika Merah Delima

Selain pendapat dari para ahli, asal-usul batu merah delima ini juga diceritakan dalam sebuah legenda. Konon katanya, batu mustika ini merupakan hadiah untuk Sultan Hamengku Buwono I yang diberikan oleh Nyi Roro Kidul. Batu tersebut dipercaya sebagai induk Mustika Delima yang ada sampai hari ini.

Banyak yang percaya bahwa siapapun yang memiliki induk dari batu ini akan diberkahi kemampuan menghilang, memiliki kewibawaan, kebal dengan peluru dan senjata tajam, serta semua keinginannya tercapai.

Sampai kini tidak ada yang tahu di mana keberadaan induk batu tersebut. Orang-orang mengira induk batu itu sudah kembali kepada pemilik aslinya setelah meninggal dunia.

Meski begitu, batu yang diyakini berasal dari alam gaib ini disebut juga sebagai khodam yang dapat beranak-pinak hingga akhir zaman. Mungkin sudah ada ratusan hingga ribuan keturunan dari batu bertuah ini.

Hanya beberapa batu saja yang bisa beralih ke tangan manusia. Itu pun setiap batu akan memiliki kemampuan yang berbeda-beda.

Ada yang hanya berfungsi sebagai penyembuh atau mungkin hanya berhasil memerahkan air saja. Ada juga yang mampu membuat pemakainya anti bacok, ada juga yang hanya kebal terhadap silet. Satu batu mungkin hanya memiliki satu kemampuan atau bisa juga gabungan dari dua kemampuan yang tidak sama.

Orang-orang mengumpamakan kemampuan pada batu tersebut seperti bila induknya adalah presiden, maka anak-anaknya hanya mampu menjadi gubernur atau lurah saja. Ini berarti, kemampuan batu tersebut akan semakin berkurang dari induk ke anak-anak hingga cicit-cicitnya.

Tidak mudah untuk mendapatkan mustika ini. Mereka yang menginginkannya harus menjalani beberapa ritual seperti shalat hajat selama 3 bulan tidak boleh bolong, puasa mutih selama seminggu dan abu rampen. Beberapa mantra juga harus dikuasai agar mampu menariknya dari alam gaib.

Anda juga harus bertarung dengan jin penguasa batu mustika tersebut. Bila berhasil menang, maka batu tersebut akan menjadi milik Anda.

Itulah dia sejarah asal usul mustika delima yang dipercayai oleh banyak orang. Menurut Anda, cerita mana yang paling sesuai sebagai sejarah batu berwarna merah ini?

.

Penjelasan lebih lengkap mengenai Mustika Delima, Silahkan baca di halaman depan website ini atau KLIK DI SINI

Jika ingin Konsultasi SERIUS dengan Pakarnya Silahkan Hubungi Kontak di Bawah ini :

081226888103 ( WA / Telpon / SMS )